SEJARAH dan PERKEMBANGAN INTERNET

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kalian tentu tidak asing lagi dengan istilah internet. Istilah tersebut sering dijumpai di media elektronik(televisi,radio) dan media cetak (koran, tabloid, majalah). Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat khususnya remaja sekedar untuk membuka akun twitter atau facebook, maupun mencari informasi. Tanpa internet saya tidak mungkin bisa memposting artikel ini, dan kalian tidak mungkin bisa sampai di blog saya. Namun mungkin banyak di antara kalian yang tidak tahu tentang sejarah Internet, padahal banyak yang bilang tidak dapat hidup tanpa internet. Nah, ini dia sejarahnya...


Bagaimana awal mula terbentuknay internet? Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer seehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advance Research Project Agency).

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun sebelmnya untuk ARPANET. Program e-mail ini sangat mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan at atau pada. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College diLondon merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer, yakni VintonCerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya dalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom melakukan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, yang memungkin saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Oleh karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Untuk menyeragamkanalamat di jaringan komputer yang ada, maka pada thaun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen dari Firlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara saru komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di Internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Dalam perkembangannya, penggunaan internet yang semula dimonopoli oleh kalangan perguruan tinggi (peniliti tingkat universitas) dan militer akhirnya bisa dinikmati masyarakat umum. Bahkan saat ini internet sudahmenjadi media bagi para pengusaha untuk mempromosikan dan memasarkan produk. Masyarakat umummenggunakan internet sebagai sarana pencarian informasi dan pengetahuan. Oleh karenanya, jumlah pengguna internet semakin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan banyaknya pengguna internet di suatu negara dapat menjadi ukuran kemajuan teknologi negara tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar