Tips-Tips yang Dapat Membantu Anda Agar Sukses Menempuh Tes

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Menghadapi tes merupakan momok bagi sebagian besar calon karyawan swasta atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  maupun bagi calon siswa/mahasiswa baru. Tes terdiri atas berbagai macam, yaitu psikotes, Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Kemampuan Umum (TKU). Psikotes berisi tentang tes-tes untuk mengukur inteligensi dan kepribadian seseorang. TPA digunakan untuk mengukur tes akademik seseorang menggunakan tes verbal, numerik, dan spasial. Sedangkan TKU digunakan untuk mengukur kemampuan akademik seseorang. Barikut beberapa tips yang dapat membantu Anda agar sukses menempuh tes.


1. Banyak berlatih soal-soal
Jumlah maksimal latihan yang Anda lakukan akan sangat membantu Anda. Ada kemungkinan gagalnya pelamar kerja biasanya hanya karena memberikan jawaban yang tidak sempurna dalam tes. Oleh karena itu, latihan yang maksimal dapat membantu Anda menghindari kegagalan tersebut.

2. Disiplin dalam berlatih
Jika Anda akan mengikuti tes dalam waktu dua minggu lagi, berlatihlah mulai dari sekarang. Jadi, Anda mempunyai banyak waktu untuk berlatih. Jangan sekali-kali menyepelekan tes ini. Sikap menyepelekan hanya kan menjauhkan diri Anda dari sukses.

3. Ketahui jenis tes yang akan dihadapi
Pastikan Anda tahu jenis soal yang akan Anda kerjakan. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda saat mengerjakan tes nantinya. Coba buka kembali buku-buku tes Anda. Pelajari semua soalnya dengan baik dan kuasai masing-masing jenis tes dengan baik.

4. Kumpulkan Bahan latihan yang Cukup
Jangan membuang uang untuk membeli buku yang tidak ada kaitannya dengan materi tes Anda. Materi buku harus berkaitan. Misalkan Anda ingin menguasai soal-soal numerik maka belilah buku dengan isi tes numerik semuanya.

5. Berpikir Positif
Yakinkan selalu dalam diri bahwa Anda sanggup dan mampu dalam mengerjakan soal-soal ini. Fokus dan konsentrasi saat Anda mengerjakan tes pastinya akan sangat membantu. Janganlah berpikiran bahwa lawan-lawan kita jauh lebih hebat daripada kita. Dengan bekal latihan yang cukup, pastinya kemampuan kita akan di atas rata-rata.

6. Gunakan Strategi yang jitu
Pelamar yang mendapatkan nilai terbaik pasti memiliki persiapan yang matang. Gunakan strategi atau rencana yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Cermati soal dengan baik. Dahulukan mengerjakan soal yang Anda anggap lebih mudah. Jangan pernah menebak-nebak jawaban. Guanakan sisa waktu yang tersisan untuk memeriksa jawaban Anda. Lengkapi kesempurnaan jawaban Anda.

7. Memanfaatkan buku dengan baik
Soal-soal yang ada dalam buku pastinya akan sangat membantu melatih kemampuan Anda.

8. Berdoa
Ya berdoa! Semoga kerja keras dan usaha Anda bia berhasil dengan sukses. 

0 komentar:

Posting Komentar