Menulis Teks Pidato atau Ceramah

 AssalamualaikumWarahmatullahiWabarakatuh
 Berpidato merupakan sebuah skil yang tidak semua orang bisa. seseorang untuk bisa berpidato diperlukan latihan yang berulang. Pidato merupakan bagian dari Orasi yang berarti sebuah pidato formal, atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada khalayak ramai. Salah satu contoh Orator ( orang yang berorasi ) adalah bapak Ir. Soekarno yang kemampuan berorasinya diakui dunia. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai langkah langkah dalam menulis teks pidato/ceramah/khotbah. Ini dia...

1. Tema dan Kerangka Pidato
Bagi seorang Pemula, menulis tekspidato/ceramah/khotbah terlebih dahulu merupakan langkah yang baik supaya penyampaiannya baik dan tidak ada kesalahan. Ada langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menulis teks pidato/ceramah/khotbah, yaitu :
a. Menentuka tema/pokok masalah
b. Mengetahui latar belakang pendengar (usia, pendidikan, julah pendengar)
c. Mencari data/sumber bacaan yang mendukung teks pidato/ceramah/khotbah yang akan disampaikan; dan
d.Membuat kerangka teks pidato/ceramah/khotbah

Perhatikan sistematika penulisan teks pidato/ceramah/khotbah berikut!
   Setelah memahami langkah-langkah dan sistematika penulisan, perlu diperhatikan juga penyajian isi dan bahasa dalam tekas pidato/ceramah/khotbah tersebut, diantaranya :
a. Isi pidato harus sesuai dengan tema acara kegiatan,
b. informasi yang disampaikan sesuai dengan kebenaran (tidak mengada-ada/mereka-reka),
c. Menggunakan bahasa yang efektif
d. Pilihan kata dalam teks tepat dan jelas, dan
e. Mengunakan bahasa ungkapan-ungkapan yang  sesuai dengan isi teks.

2. Mengembangkan dan menyunting Pidato
    Pengembangan kerangka dilakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuat dalam pargraf-paragraf. Untuk itu, perlu banyak mendengarkan pidato atau membaca naskah pidato sehingga memahami pola-pola kalimatnya.
     Sebelum menyusun teks pidato, harus dikumpulkan bahan terlebih dahulu. Bahan pidato tersebut dapat dicari di buku, majalah, koran, internet, atau media lainnya. Berdasarkan bahan-bahan itulah, teks pidato disusun.
Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum WarahmatullahiWabarakatuh

0 komentar:

Poskan Komentar