Tema, Latar, dan Penokohan pada Cerpen

AssalamualaikumWarahmatullahiWabarakatuh

Dalam sebuah cerpen terdapat unsur-unsur yang membangun cerita. Unsur-unsur itu dikenal sebagai unsur intrinsik. Melalui unsur itu kita menemukan tema, latar, atau penokohan. Nah, kali saya akan membahas ketiga unsur tersebut. Ini dia...

  1. Tema. 
Merupakan gagasan yang menjadi pokok persoalan dalam sebuah cerita. Tema sebuah cerpen banyak ragamnya. Ada cerpen yang bertemakan masalah sosial, sepperti kemiskinan, kesenjangan sosial, hubungan orang tua dan anak, srta yang lainnya. Ada pula cerpen yang bertemakan persoalan-persoalan politik, seperti korupsi, kekuasaan, atau erang.Dari sini dapat disimpulkan bahwatema dapat diperoleh dari mana saja 

     2. Latar. 

Ialah tempat atau lingkungan terjadinya suatu peristiwa dalam cerpen. Latar dapat berupa waktu yang menunjukkan saat peristiwa itu terjadi. Latar juga berupa tempat yang menggambarkan lokasi kejadian. Latar berupa suasana yang melukiskan keadaan sepi dan ramainya, atau mencekamnya sebuah tempat.Latar menjadikan cerpen itu diketahui tempat, waktu, dan suasananya.

    3. Penokohan.

Penokohan ialah cara penulis cerita menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh dalam cerita. Dengan adanya penokohan, maka knflik dalam cerita bisa diciptakan dan dibangun. Dari konflik itulah maka akan diketahui beragam karakter tokoh cerita. Ada karakter tokoh yang baik, jujur, dan adil. Adapula karakter tokoh yang culas, dengki, dan kasar.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai unsur intrinsik yang ada dalam cerpen yang meliputi tema, latar, dan penokohan. Sebenarnya masih ada unsur intrinsik yang lain, seperti alur, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa. Insya Allah akan saya bahas dalam artikel selanjutnya. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum WarahmatullahiWabarakatuh.
         

0 komentar:

Posting Komentar