POHON BERKHASIAT MAGIS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Berdasarkan kepercayaan nenek moyang kita pohon-pohon langka seperti di bawah ini dianggap mempunyai khasiat magis. Kepercayaan ini terutama terdapat di masyarakat Jawa sampai sekarang. Dan pohon-pohon langka tersebut biasa ditanam di komplek kraton, baik Surakarta dan Yogyakarta.

Ini dia pohon-pohonnya....

1. Pohon Kepel
Untuk menghilangkan bau keringat yang tidak sedap, terutama wanita, dan juga jika ditanam di pekarangan, bisa memberikan wibawa terhadap si pemilik rumah.
 
2. Jambu Darsono
Punya khasiat dikasihani oleh sesama manusia.
 
3. Jambu Lampok Arum
Memancarkan nama harum bagi si pemilik rumah yang pekarangannya ditanami pohon itu.
 
4. Sawo Kecik
Si pemilik rumah yang pekarangannya ditanami pohon ini akan selalu dihormati oleh orang lain.
 
5. Jeruk Klingkit
Mempunayi arti si pemilik rumah akan panjang umur, dan banyak rezekinya akan terus menerus.
 
6. Gayam
Mampu mendangkalkan mata air, sehingga menyejukan hawa.
 
7. Kemuning 
Bermakna untuk menolak santet/tenung. Juga untuk mempelai, biasanya kemuning dipakai sebagai bedak untukmengolesi mempelai supaya tidak terkena ilmu hitam.

8. Tanjung
Untuk penolak ular, dan biasanya ditanam di jalan menuju ke rumah.

9. Belimbing Lingir dan Belimbing wuluh
Untuk kompres dan juga unutk penderita darah tinggi.
 

Nah itulah tadi beberapa pohon yang dianggap mempunyai kekuatan magis bagi kebanyakan orang. Sebenarnya masih banyak pohon lain yang dianggap magis, namun tidak sempat saya tulis. Walaupun sekarang sudah jaman modern, namun tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang mempercayainya. Semua itu kembali pada keyakinan individu masing-masing. 
Namun akan lebih baik apabila ingin mendapatkan sesuatu, seperti kekayaan (rezeki), kesehatan, umur panjang, dll. dengan berdoa dan berusaha serta berikhtiar kepada Allah swt. Karena hidup adalah sebuah perjuangan yang tiada henti dari awal kita lahir sampai kembali kepada-Nya. Dan tidak mungkin hanya dengan menanam sebuah pohon akan membuat keinginan kita tercapai. Semua butuh pengorbanan dan juga doa! Dan yang paling penting semoga kita tidak terjebak dalam perbuatan musyrik atau menyekutuka Allah.
Naudzubillah!

    0 komentar:

    Posting Komentar