Usaha Makanan Skala Rumah Tangga

Assakamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
   Kali ini saya akan membahas mengenai usaha makanan skala rumah tangga yang sudah trend dari dulu sampai sekarang. Banyak pengusaha-pengusaha sukses sekarang ini memulai usahanya dari sini.



Usaha makanan skala rumah tangga (home industry) merupakan salah satu dari sekian banyak usaha makanan. menurut badan usaha pusat statistik, usaha rumah tangga adalah usaha yang dijalankan oleh 1-4 orang. Adapun yang mendefinisikan sebagai suatu perusahaan pangan yang memiliki tempat usaha di tempat tinggal dengan peralatan pengolahan pangan manual hingga semi otomatis.
Beberapa keunggulan menjalankan usaha makanan skala rumah tangga antara lain :
a. Tidak perlu pusing lokasi usaha
   Usaha rumah tangga dapat dilakukan tanpa perlu pusing memikirkan lokasi usaha. Misalnya orang lain        membuka usaha toko atau warung di tempat strategis, kita dapat menitipkan produk kita ke berbagai toko/warung yang kita anggap strategis dan ramai pembeli. Dengan begitu kita sama-sama untung
b. Daerah pemasaran dan jumlah konsumen tidak terbatas
   Dengan menjalankan usaha makanan skala rumah tangga, orang-orang yang berpotensi menjadi konsumen lebih banyak dibandingkan jika anda membuka suatu toko. Dengan usaha skala rumah tangga ini, belasan, puluhan, bahakan ratusan toko bisa anda titipi produk anda setiap harinya dibandingkan jika anda membuka suatu toko yang umumnya pembeli hanaya datang yang berada di sekitar toko saja.
c. Pembeli datang sendiri
   Sebagian besar konsumen usaha makanan skala rumah tangga adalah pedagang. maksudnya, mereka biasa memebeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. nah, biasanya konsumen "jenis" ini datang langsung ke tempat-tempat prduksi. tentunya menyenangkan, begitu selesai produksi sudah ada yang langsung memebeli produk kita. namun, semuanya tidak terjadi secara instan. Sebelum keunggulan ini anda nikmati, dua keunggulan di atas mesti anda "jalani" dan "rasakan" terlebih dahulu.
d. dapat melibatkan seluruh anggota keluaraga
   Keuntungannya, anggota keluarga yang terlibat minimal memiliki pengetahuan menjalankan suatu usaha. sebaiknya, usaha yang dijalankan bersama anggota keluaraga tetap memiliki aturan serta pembagian hak dan kewajiban yang jelas agar jika ada masalah yang muncul dapat diselesaikan dengsn baik dan tidak menganggu hubungan keluaraga.
e. Dapat menyerap tenaga kerja
   disekitar tempat tinggal kita masih banyak anggota masyarakat yang membutuhksn pekerjaan. alangkah mulianya jika kita dapat menjadi salah satu pemecah masalah utama bangsa ini dengan merekrut mereka sebagai tenaga kerja. Jadi dengan menjalankan usaha makanan skala rumah tangga, kita dapat memeberika pekerjaan kepada orang lain.
f. peluang memasarkan produk ke supermarket
   supermarket dapat diibaratkan sebagai "display" raksasa yang memajang ribuan produk. dengan dapat masuknya produk anda ke supermarket, tentunyta skala pemasaran semakin luas dan jumlah konsumen yang memeblu produk anda semskin banyak. Memasukkan barang ke supermarket tentunya tidak sesederhana menitipkan barang ke warung atau toko. agar dapat masuk ke supermarket, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. misalnya, produk yang dihasilkan harus spesifik. artinya, produk setidknya memiliki keunikan baik dari jenis bahan baku, rasa, maupun kemasan yang membedakan dari produk lain.
 
   Sebelum memulai usaha makanan skala rumah tangga, perlu ada persiapan. persiapan utama sebelum memulai adalah persiapan modal dan perlengkapan usaha. saat baru memulai usaha makanan skala rumah tangga umumnya membutuhkan modal relatif kecil. Modal dapat dikurangi dengan cara menggunakan secara maksimal peralatan yang ada di rumah, misalnya kompor, panci, penggorengan, blender, oven ataupun mixer. setelah usaha berjalan lancar dan pelanggan berdatangan, berbagai peralatan khusus dapat dibeli untuk mengimbangi kenaikan jumlah produksi.

   Kadang-kadang, meskipun secara teknis usaha sudah dapat dijalankan, tetap saja keraguan muncul. Hal ini terjadi karena sebelumnya belum pernah menjalankan usaha sehinggan ragu-ragu untuk memulai. Jika menunggu "segalanya" sempurna, usaha (apapun jenisnya) tidak akan dijakankan. karena, seperti kata pepatah, tak ada yang sempurna di dunia ini. tak ada gading yang tak retak. Pengetahuan terkait sebelum menjalankan usaha memang diperlukan, persiapan memang dibutuhkan. Namun, hanay tindakan yang akan menghasilkan perubahan. selamat menggapai kesuksesan melalui usaha makanan skala rumah tangga!
Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar