Prinsip-Prinsip Diskusi

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut. Nah di sini saya kan membahas mengenai Prinsip-prinsip dalam berdiskusi.

Pada setiap diskusi pasti terjadi silang pendapat. Seorang teman mengutarakan sebuah pendapat sedangkan teman yang lain menyanggahnya. Perdebatan semacam itu diperlukan demi memperoleh rumusan keputusan ang lebih baik demi kesepakatan semua pihak.

Meskipun demikian, perdebatan sebisa mungkin dihindari dari terjadinya debat kusir. Debat kusir adalah perselisihan pendapat yang terjadi, tetapi tanpa dilandasi alasan yang jelas. Akibatnya, yang terjadi adalah saling menjatuhkan. Sikap saling menghargai dan menghormati antarpeserta diskusi menjadi hilang.

Menyanggah atau menolak pendapat orang lain harus didasari oleh argumentasi-argumentasi yang kuat dan meyakinkan. Dasar penolakan atau sanggahan didasarkan pda alasan-alasan yang diyakini kebenarannya. Pengalaman dan pengamatan merupakan tempat ditemukannya sumber-sumberkebenaran.

Berdiskusi niscaya memiliki tujuan dan maksud yang jelas. Tujuan diskusi adalah mencapai kata mufakat yang dicapai melalui musyawarah. Dalam diskusi setiap peserta dituntut untuk aktif menyampaikan pendapat-pendapatnya. Bahkan, seringkali terjadi saat seseorang menyampaikan pendapatnya, teman yang lai menyelanya.

Setiap peserta diskusi harus mengetahui etika dan tata cara sebuah diskusi diselenggarakan. Hal ini dilakukan agar diskusi bisa berjalan dengan baik dan tujuannya pun tercapai. Selain itu, etika dan tata cara diskusi akan membuat orang mampu saling menghormati dan menghargai pihak lain.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 komentar: