Buku Terkecil, Terbesar, dan Tertua di Dunia

 
Buku adalah sekumpulan kertas bertulisan yang dijadikan satu. Kertas-kertas bertulisan itu mempunyai tema bahasan yang sama dan disusun menurut kronologi tertentu, dari awal bahasan sampai kesimpulan dan bahasan tersebut. Buku sering disebut sebagi jendela dunia atau ilmu pengetahuan. Hal ini tak lepas dari tujuan buku yaitu untuk menyatukan ilmu pengetahuan tertentu agar terkumpul dalam satu tempat sehingga mudah ditemukan dan dipelajari. Namun tahukah kalian buku terkecil, terbesar, dan tertua di dunia ini? Ini dia....

Buku Paling Kecil
Buku yang paling kecil yang dijuluki dengan materi cursive dan dicetak dengan huruf cetak logam yang bergrak (sebagai proses mikro-fotografi) berukuran 3,5 x 3,5 milimeter, yang dicetak untuk musium Gutenberg, Mainz, , Jerman Barat.

Buku paling besar
Buku yang paling besar di dunia adalah Super Book yang berukuran 2,74 x 3,07 meter dan seberat 252,6 kilogram, berisi 300 halaman. Buku ini diterbitkan di Denver, Colorado, Amerika Serikat, pada tahun 1976.

Buku Paling Tua
Teks tertulis paling tua yang diketahui adalah ungkapan piltografis (dengan gambar) pidato Sumeria (lihat Bahasa Paling Awal). Papyri Samaria, ditulis dalam bahasa Aramic, ditemukan sejauh 13,7 kilometer di sebelah Utara Jeriko, berasal dari tahun 375-335 S.M.

0 komentar:

Posting Komentar