STOP GLOBAL WARMING!


Assalamu alaikum warahmatullahiwabarakatuh
 
Kali ini saya akan membahas mengenai global warming. Pasti kalian semua sudah tahu apa itu global warming, dan dunia saat ini sedang mencari jurus-jurus ampuh untuk mengatasi global warming. Nah ini dia jurus-jurusnya….ciaaatt!


1.    Jurus mengurangi gas rumah kaca
Manusia sering menggunakan minyak atau batu bara dalam kegiatan sehari-hari, nah pembakaran minyak atau batu bara itu menghasilkan gas. Gas ini akan naik ke udara dan memenuhi atmosfer kita. Gas inilah yang disebut gas rumah kaca. Gas ini membuat sinar matahari yang masuk ke Bumi terperangkap di permukaan bumi. Akibatnya, suhu  Semakin panas.
Oleh karena itu, Negara Negara di dunia sepakat untuk mengurangi pemakaina minyak dan batu bara. Terutama Negara Negara maju karena mereka banyak menggunakan minyak atau batu bara untuk keperluan industrinya. Sayangnya ada beberapa Negara seperti Amerika Serikat tidak mau menandatangani kesepakatan ini. Padahal Amerika Serikat adalah penyumbang gas rumah kaca terbesar di dunia.
2.    Jurus bahan bakar pengganti
Kalau penggunaan minyak dan batu bara dikurangi, kita harus mencarai bahan bakar pengganti. Karena, manusia tetap membutuhkan banyak bahan bakar untuk keperluan hidupnya. Tetapi, tentu saja bahan bakar itu harus ramah lingkungan.
Kini para ahli sedang berusaha membuat bahan bahan bakar pengganti. Misalnya biodiesel, nahan bakar yang dibuat dari tumbuhan. Ada juga bahan bakar yang dibuat dari air. Bahan bakar-bahan bakar pengganti itu, selain murah, juga tidak  erusak lingkungan.
3.    Permukaan bumi yang anas harus didinginkan dengan cara mengurangi gas rumah kaca di atmosfer. Caranya dengan memperbanyak hutan, karena pohon bias menyerap karbondioksida salah satu gas rumah kaca. Makin banyak hutan, makin banyak pohon, makin dingin juga bumi kita. Masalahnya manusia tetap membutuhkan hasil hutan, misalnya kayu. Karena itu, kita harus mencari cara untuk mepercepat tumbuhnya pepohonan di hutan. Kini para ilmuwan sedang mengembangkan bibbit tanaman hutan yang bias tumbuh cepat. Misalnya, pohon yang tumbuh besar dalam waktu 5 tahun, bias dipercepat jadi 2,5 tahun.hal ini sudah dilakukan pemerintah Brasil dan beberapa Negara di Afrika.
4.    Jurus perdagangan karbon
Jurus ini memang agak unik. Perdagangan karbon adalah menjual kemampuan pohon. Di Negara Negara maju, jumlah pohon dan hutan sudah sangat jarang. Padahal, nrgara Negara maju banyak menghasilkan gas rumah kaca. Karena itu, Negara-negara maju harus membayar pada Negara yang memiliki hutan. Maksudnya, supaya Negara pemilik hutan menjaga kelestarian hutannya.
5.    Jurus green building 
Salah satu penghasil gas rumah kaca adalah gedung gedung bertingkat. Gedung gedung bertingkat biasanya menggunakan banyak energy, terutama listrik untuk penerangan dan AC  untuk penyejuk ruangan. Padahal, bahas AC dapat menipiskan lapisan ozon di atmosfer. Karena itu, para arsitek di dunia kini mulai membangun green building, yaitu bangunan yang ramah lingkungan. Bangunan ini harus hemat energy dean menyatu dengan alam. Biasanya green building memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan dan angin untu menyejukkan ruangan.

Nah itulah tadi jurus-jurus yang dapat dilakukan untuk mengusir global warming, semoga jurus jurusnya ampuh…ciaatt! Stop Global warming!

0 komentar:

Posting Komentar